Cek Plasenta dan Keputihan Ibu Hamil

Cek Plasenta dan Keputihan Ibu Hamil

Cek Plasenta dan Keputihan

Assalamu’alaikum,,sya skarang hamil 36minggu,pas sya USG hasilnya klasifikasi plasenta (++). Sya binggung krna kta dokter hsilnya bgus smua.tp pas saya prika ke bidan mlah disuruh cek laborat plasenta (++) apakah berbahaya atau tidak? Oya mulai hamil tua sya jg sering keputihan tp disertai rasa gatal,itu bagaimana?

Mohon jawabanya,trimaksih. Wass

Dari: Ibu Uun

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Sebelumnya mungkin perlu diperjelas, klasifikasi (++) tersebut berada pada catatan dokter/lembar rekam medis, atau di lembar USG? Karena jika tertera pada lembar rekam medis, mungkin saja tanda tersebut merupakan istilah dari dokter yang merawat ibu, sehingga kami tidak dapat memastikan apa yang dimaksud dengan tanda tersebut.

Klasifikasi plasenta sendiri menurut gambaran ultrasonografi (USG) terbagi menjadi:

  • Grade 0: Menunjukkan gambaran plasenta di akhir trimester 1-awal trimester 2
  • Grade 1: Menunjukkan gambaran plasenta di pertengahan trimester 2-awal trimester 3 (sekitar 18-29 minggu).
  • Grade 2: Menunjukkan gambaran plasenta di fase akhir trimester 3 (sekitar minggu ke 30 sampai kelahiran). Pengapuran pada plasenta mulai tampak.
  • Grade 3: Menunjukkan gambaran plasenta pada usia kehamilan 39 minggu hingga post term. Lebih banyak daerah pengapuran yang tampak, dihubungkan dengan merokok, hipertensi kronis, dan SLE, dan kemungkinan menunjukkan adanya ketidakmatangan pada plasenta yang dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan janin dalam rahim.

Untuk mengetahui maksud dari tanda tersebut, beserta signifikansinya, ada baiknya Ibu menanyakannya kembali kepada dokter yang bersangkutan.

Adapun timbulnya keputihan di trimester akhir kehamilan, hal tersebut cukup sering ditemukan dan tidak berbahaya, sepanjang tidak disertai keluhan seperti gatal, nyeri, perih, rasa terbakar saat berkemih, atau berdarah. Hal ini salah satunya mungkin disebabkan oleh efek hormonal menjelang kehamilan. Kami anjurkan Ibu untuk lebih sering mengganti pakaian dalam, untuk menghindari kelembaban berlebih dan peluang infeksi jamur.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.