Cara Menghilangkan Komedo pada Kulit Berminyak

Cara Menghilangkan Komedo pada Kulit Berminyak

cara menghilangkan komedo kulit berminyak

Menghilangkan Komedo pada Kulit Berminyak

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Saya ingin menanyakan bagaimana cara mengatasi komedo pada wajah kulit yang berminyak? Sudah saya coba berbagai cara tapi tidak berubah juga, wajah saya sangat kelebihan minyak, apalagi waktu pagi hari.

Terima kasih atas jawabannya.

Wassalam.

Dari: Eyrha

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami. Dan kami mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan Saudara.

Komedo merupakan pelebaran pori-pori wajah yang terisi dengan sebum, sejenis minyak yang diproduksi oleh kulit, dan tertutup oleh kulit mati, serta bakteri pada kulit. Komedo sering dibedakan menjadi whiteheads, yakni komedo yang akses pori kulitnya tertutup, dan blackheads, yakni komedo dengan akses ke pori kulit yang terbuka, dan bagian luarnya menghitam karena teroksidasi oleh udara.

Wajah berminyak memang cenderung berkomedo, terlebih jika tengah berada dalam kondisi peningkatan hormon androgen, seperti saat pubertas, maupun pada wanita, saat menjelang haid atau beberapa waktu disaat hamil.

Cara mengatasi komedo memang tidak mudah dan instan, namun perlu kesabaran. Beberapa cara yang dianjurkan dalam membantu mengontrol kelebihan minyak pada wajah dan timbulnya komedo antara lain:

1. Jaga kebersihan wajah. Mencuci wajah dengan sabun khusus muka sebaiknya dilakukan dua kali saja dalam sehari. Mencuci wajah terlalu sering, terlebih jika menggunakan sabun wajah berbahan kimia keras, atau scrub, akan merusak kelembaban alami kulit dan justru mengiritasi kulit. Untuk kulit berminyak, pilih pembersih wajah atau sabun muka untuk kulit berminyak, dengan label oil free. Tepuk-tepuklah wajah dengan lembut setelah mencucinya, dan bukan digosok.

2. Hindari banyak menyentuh wajah dengan tangan atau membiarkan rambut menutupi wajah. Tangan dan rambut memiliki minyak alaminya sendiri, yang dapat menambah minyak pada wajah. Jika menggunakan gel rambut atau produk rambut lainnya, pilih yang kandungannya ringan dan jauhkan rambut dari wajah.

3. Konsumsi lebih banyak sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin A, E, C, dan zinc, yang baik untuk kesehatan kulit. Konsumsi makanan berlemak tinggi dan memiliki kandungan gula tinggi kurang baik untuk kesehatan kulit.

4. Jika menggunakan pelembab wajah, maka gunakanlah produk bebas minyak dan berlabel non-komedogenik sehingga produk tersebut tidak menyumbat pori.

5. Komedo dapat dikeluarkan secara rutin menggunakan alat khusus (ekstraktor komedo). Cara ini memang harus dilakukan berulang kali untuk menjaga wajah tetap bersih dari komedo, misalnya tiap minggu atau tiap bulan. Pastikan alat dalam keadaan steril dan pori-pori wajah telah terbuka sebelumnya, misalnya dengan menguapi wajah terlebih dengan uap air panas dalam keadaan kepala dan wadah air ditutupi handuk (perhatikan untuk menjaga jarak wajah agar uap air panas tidak justru membakar kulit). Gunakan alat dengan lembut agar tidak melukai wajah, dan setelahnya gunakan astringent (tonik penyegar) untuk membuat pori-pori wajah menutup kembali.

6. Konsumsi air putih yang cukup, minimal 2 L per hari dan bisa lebih jika banyak beraktivitas.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply