Cara Menghilangkan Cacing Pita di Tubuh Manusia

Cara Menghilangkan Cacing Pita di Tubuh Manusia

Menghilangkan Cacing Pita di Tubuh Manusia

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Saya perempuan berusia 19 tahun. Saya pernah periksa di lab dan ternyata didalam tubuh saya terdapat cacing pita kerdil. Saya rutin mengonsumsi kombantrin setiap 3 bulan sekali.

Obat apakah yang paling tepat untuk menyembuhkan parasit tersebut?

Terima kasih

Wassalamu’alaikum

Dari: Tra

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan kepada kami.

Infestasi oleh cacing pita (dari jenis Taenia saginata yang terdapat di daging sapi terinfeksi yang belum matang, atau Taenia solium dari daging babi) dapat menimbulkan gejala ketidaknyamanan saluran cerna. Terkadang tidak menimbulkan gejala berarti hingga bertahun-tahun.

Infestasi oleh cacing ini lebih tepatnya diobati dengan obat cacing jenis Praziquantel atau niklosamida. Praziquantel dapat dikonsumsi dalam dosis tunggal 5-10 mg/kg BB untuk membunuh cacing dewasa. Atau niklosamida dengan dosis 2 g niklosamida (4 tablet@500 mg yang dikunyah dan ditelan dengan sedikit air dengan dosis tunggal.

Pemeriksaan feses diperlukan untuk mengetahui keberhasilan terapi, dan terapi dikatakan berhasil jika tidak ditemui lagi proglotid (segmen tubuh cacing pita berisi telur) di feses penderita selama 4 bulan berturut-turut.

Penggunaan kombantrin dalam kasus cacing pita kami rasa kurang tepat, sebab kandungan kombantrin adalah Pirantel Pamoat, jenis obat cacing yang lebih sesuai untuk cacing gelang, cacing tambang, dan cacing kremi.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply