Buang Air Besar Berdarah

Buang Air Besar Berdarah

buang air besar berdarah

Rubrik Kesehatan: Buang Air Besar Berdarah

Pertanyaan:

Saya mau tanya. Saudara saya mengalami buang air besar berdarah, tetapi maaf ya tidak bercampur dengan kotorannya yang keluar adalah darah segar dan juga sering mengeluh sakit diuluh hati sama di perut dan kadang serba salah kalau mau berbaring entah berbaring ke kanan atau pun ke kiri.

Dari: Syele

Jawaban:

Terima kasih ataa kesediaan Saudara untuk berkonsultasi kepada kami.

Buang air besar yang diikuti keluarnya darah segar setelah keluarnya kotoran, khususnya pada usia muda, diantaranya dapat disebabkan oleh hemorrhoid internal (biasanya disebut juga sebagai wasir atau ambeien), adanya fisura/sejenis luka pada daerah anus, divertikulosis (kondisi terbentuknya divertikulum/tonjolan2 kecil ke arah luar usus besar), malformasi pembuluh darah sekitar rektum dan anus sehingga mudah berdarah, adanya polip pada kolon, ataupun peradangan usus besar (colitis). Tapi pada pendarahan saluran cerna bagian atas seperti usus atau lambung dalam jumlah banyak juga dapat keluar darah segar.

Untuk mendapatkan diagnosis yang lebih pasti, apalagi keluhan yang diderita diiringi dengan nyeri pada perut, sehingga kemungkinan darah berasal dari daerah usus dan lambung harus dipikirkan, kami sarankan Saudara untuk berkonsultasi terlebih dahulu misalnya pada dokter spesialis penyakit dalam. Semakin dini diketahui sumber pendarahannya, diharapkan semakin baik penanganan dan hasil kesembuhan yang bisa didapatkan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply