Berhubungan Intim Pasca Melahirkan Apakah Bisa Hamil?

Berhubungan Intim Pasca Melahirkan Apakah Bisa Hamil?

berhubungan intim setelah melahirkan

Berhubungan Intim Pasca Melahirkan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Apakah berhubungan suami istri pertama kali setelah melahirkan dapat terjadi kehamilan? Sedangkan saya belum melakukan KB. Tolong dijawab ya. Terima kasih.

Dari: Putri

Jawaban:

Wa’alaikumussalam

Mungkin maksud pertanyaan Anda, setelah istri selesai masa nifas, kemudian langsung melakukan hubungan intim tanpa KB apakah bisa terjadi kehamilan.

Secara teori sangat sulit terjadi kehamilan ketika berhubungan intim langsung (misalnya 1-2 minggu) setelah istri menjalani masa nifas. Apalagi sang ibu memberikan ASI ekslusif, karena pemberian ASI merangang pengeluaran hormon oksitosin yang hormon ini bisa mnecegah kehamilan.

Umumnya ibu yang memberikan ASI ekslusif mengalami menstruasi  6-8 minggu ada juga pada 8-10 minggu. Jadi jika rata-rata masa nifas 40 hari, maka sebulan setelah masa nifas bisa masuk masa subur dan bisa terjadi kehamilan.

Walaupun menyusui adalah KB alami tetapi tidak bisa menjamin tidak terjadinya kehamilan. Sebaiknya tetap menggunakan KB yang lainnya jika memang suami atau istri masih belum siap punya anak lagi.

Sebagai tambahan wacana, silahkan baca link berikut sebagai pertimbangan memlihi KB yang isnyaAllah sesuai dengan syariat:

Cara KB Sesuai Islam

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

NO COMMENTS

Leave a Reply