Benjolan Pada Buah Dzakar

Benjolan Pada Buah Dzakar

Benjolan Pada Buah Dzakar

Pertanyaan:

Dok, saya mau bertanya. (Maaf) buah dzakar saya yang sebelah kiri ada benjolan sebesar kacang merah, menyatu dengan buah dzakar yang sebelah kiri. Itu akibat apa ya? Dan kira-kira itu penyakit apa? Kira-kira seperti ini? Dan apa bisa di obati tanpa oprasi apabila itu tumor?

Dari: Deal

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Adanya benjolan yang tidak disertai rasa nyeri atau keluhan lainnya di daerah skrotum (kantung buah zakar), khususnya yang menempel/menyatu dengan buah zakar, mengindikasikan kemungkinan tumor atau kanker di daerah buah zakar (testis). Jenis kanker ini merupakan kanker organ padat yang paling sering diderita pria berusia 15-35 tahun, dan lebih banyak dialami pria dengan kriptorkidisme (testis tidak turun). Meskipun kejadiannya tercatat cukup banyak setiap tahunnya, namun penyebab pasti penyakit ini belum diketahui.obat kuat hajar jahanam

Namun untuk memastikan apakah benjolan tersebut adalah tumor atau yang lain, perlu dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh dari riwayat, fisik, dan laboratorium. Apabila diduga kuat benjolan tersebut adalah tumor atau kanker, maka terapi pilihan utama untuk mengatasi penyakit tersebut sekaligus mencegah penyebaran lebih lanjut adalah dengan mengangkat benjolan beserta testis yang terkait, melalui proses operasi. Operasi menjadi penting karena pengambilan sampel jaringan dari benjolan maupun testis yang terkait tidak dapat dilakukan sebagaimana pada kanker jenis tumor pada organ lainnya, karena akan melambungkan risiko penyebaran sel kanker dan menyulitkan penyembuhan selanjutnya. Selain itu, pengangkatan testis juga memungkinkan analisis sel tumor, penentuan stadium tumor, dan perencanaan terapi selanjutnya (misalnya dengan radioterapi, atau kemoterapi).

Saran kami, sebaiknya Saudara segera memeriksakan diri ke dokter, sebaiknya dokter spesialis urologi, untuk memastikan jenis benjolan tersebut, sehingga dapat diambil langkah penanganan segera.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.