Banyak Makan Tapi Tetap Kurus = Cacingan?

Banyak Makan Tapi Tetap Kurus = Cacingan?

Banyak Makan Tapi Tetap Kurus

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Anak saya laki-laki umur hampir 3 tahun, lincah dan aktif.  Kalau makan bisa dibilang banyak dan doyan. Sehari bisa 3 sampe 4 kali dalam porsi untuk anak seusianya, dengan komposisi lauk seimbang. Tapi badannya kok ga bisa gemuk. Yang ingin saya tanyakan Dok, apa anak saya cacingan?

Dari: Tini

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Kecacingan pada anak bisa tidak bergejala, namun umumnya akan menampakkan gejala sesuai dengan jenis cacing dan aktivitas yang dilakukannya di dalam tubuh. Diantaranya adalah nyeri perut, pembesaran perut, diare, disentri, demam, radang pankreas dan hati (ditandai dengan ikterus / warna kulit dan mukosa tubuh kuning), dan gejala malabsorpsi zat gizi serta gagal tumbuh (Failure to thrive). Anak juga bisa tampak anemis (konjungtiva pucat, lemas, tidak aktif dan sulit berkonsentrasi).

Kami rasa wajar bila Ibu khawatir, namun perlu pula kami beritahukan bahwa pertambahan berat badan di usia-usia pubertas memang lebih lambat dan cenderung stabil dibanding usia dibawah 2 tahun. Selain itu, faktor genetik, aktivitas, dan asupan nutrisi yang diberikan juga turut berpengaruh.

Selama putra Ibu aktif, makan dengan baik, tidak mengalami gejala sebagaimana kami paparkan di atas, dan ketika diukur pertambahan tinggi dan berat badannya sesuai dengan rentang pertambahan tinggi dan berat sesuai usianya, insya Allah anak Ibu sehat.

Dalam menilai pertumbuhan anak, peningkatan yang kontinyu dan sesuai dengan parameter untuk usianya lebih penting, misalnya tinggi menurut usia, berat menurut usia, dan tinggi: berat badan,  dibandingkan kenaikan drastis dari satu parameter saja.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply