Balita Cacingan

Balita Cacingan

kesehatan bayi dan ibu hamil

Balita Cacingan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Anak saya berumur genap 2 tahun, satu minggu terahir ini saya menjumpai gatal-gatal pada sekitar dubur, kemudian sering ada noda berwarna putih di sekitar dubur. Setelah saya cek lebih detail, ternyata juga terdapat benjolan (berbentuk seperti garis lurus atau bengkok berbelok-belok warna seperti putih, panjang +/- 2 – 3cm, dan ada yang seperti menggumpal, teraba jelas dan bentuk tidak teratur, warna semu putih)  di sekitar luar anus.

Apakah hal tersebut merupakan cacing yang berada di bawah kulit? Mohon penjelasan dan solusi pengobatanya?

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum.

Dari: Imam Purnomo

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Gatal-gatal di sekitar daerah dubur pada malam hari memang merupakan salah satu tanda kecacingan, khususnya cacing kremi, meskipun untuk memastikannya, tetap kami sarankan Bapak untuk memeriksakan anak ke dokter. Cacing dewasanya sendiri hidup di usus besar, dan cacing betina akan bermigrasi ke daerah dubur pada malam hari untuk meletakkan telur-telurnya di lipatan perianal (sekitar dubur), yang menyebabkan rasa gatal pada malam hari. Setelah meletakkan telur, cacing ini akan kembali ke usus besar, atau kadang pada wanita dapat masuk melalui saluran reproduksi sehingga menimbulkan peradangan.

Bisa juga cacing ditemukan di daerah dubur pada malam hari saat akan meletakkan telurnya, namun umumnya cacing ini tidak hidup dibawah kulit. Oleh karena itu, agar lebih jelasnya kami sarankan Bapak memeriksakan anak ke dokter terdekat, agar diagnosis dan pengobatan yang didapatkan lebih sesuai.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply