Bahayakah Memakai Headset?

Bahayakah Memakai Headset?

bahaya memakai headset

Efek Pakai Headset

Pertanyaan:

Kalau mendengarkan murrotal Alquran dengan headset sebaiknya paling lama berapa jam yang aman digunakan pada telinga? apa pemakaian setiap hari dapat menimbulkan gangguan telinga?

Dari: Rizal

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Penggunaan headset, maupun earphone, dengan volume suara yang keras, semisal diatas 85 dB dalam jangka waktu berjam-jam, apalagi jika dilakukan setiap hari, memang dapat menimbulkan kerusakan perlahan pada saraf-saraf telinga, yang berakibat penurunan kemampuan pendengaran dengan cepat seiring pertambahan usia.

Permasalahan dengan headphone atau earphone semakin rumit, karena kenyamanan mendengarkan yang lebih fokus dan dapat meredam suara sekeliling, sehingga semakin ribut lingkungan, pendengar akan cenderung meningkatkan volume suara bahkan hingga maksimum, padahal suara dengan kekuatan 100 dB dapat merusak telinga bahkan jika hanya didengarkan selama 1 jam lebih sedikit saja dalam sehari.

Semakin kecil volume, semakin lama suara tersebut boleh didengarkan. Misalnya pada tingkat 60 dB. Maka demikian juga dengan murottal Alquran lewat headphone, sebaiknya dalam volume kecil saja atau jika ingin besar dan lama, tidak menggunakan headphone. Disarankan untuk tidak memutar volume lebih dari 60% volume total, dan tidak melebihi 1 jam per hari (dengan headphone).

Wallahu Ta’ala a’lamu. Demikian yang kami sampaikan, semoga ada manfaatnya,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply