Badan Kurus dan Perut Buncit = Cacingan?

Badan Kurus dan Perut Buncit = Cacingan?

perut buncit cacingan

Kurus Buncit Apakah Cacingan?

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Saya pemuda berusia 21 tahun. Saya mau tanya apakah seseorang yang belum tau positif atau tidaknya terjangkit penyakit cacingan boleh meminum obat cacing??

Saya ragu apakah saya terjangkit cacingan atau tidak, karena saya mempunyai beberapa gejala seseorang terjangkit cacingan.

Beberapa gejala yang saya rasakan sbb:

1. Tubuh saya kurus dengan perut yang membuncit.

2. Bawaan tubuh lesu atau tidak bergairah.

Dari: Jason

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas kepercayaan Saudara untuk berkonsultasi dengan kami.

Idealnya, setiap konsumsi obat harus didahului oleh adanya diagnosis pasti, minimal kecurigaan kuat yang didukung indikasi klinis akan penyakit yang akan diobati. Hal ini untuk mencegah timbulnya efek samping obat pada tubuh, selain untuk menjaga agar liver dan ginjal, sebagai organ yang berperan dalam menetralisir dan membuang sisa metabolisme obat, tidak terbebani banyak zat yang tidak perlu dalam tubuh (yang berpotensi merusak organ tersebut jika penggunaannya tidak tepat).

Kami sarankan Saudara untuk tetap memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter terdekat, minimal ke Puskesmas atau dokter umum, agar lebih jelas kemungkinan penyebabnya, dan pengobatan dapat dilakukan dengan lebih tepat. Karena untuk menentukan jenis penyakit, terutama penyakit dalam, diperlukan komponen pemeriksaan yang lebih lengkap, daripada sekedar keluhan atau gejala fisik semata.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply